Skip to main content

Pengelolaan Sumber Daya Alam

MAKALAH


ILMU ALAMIAH DASAR
(SUMBER DAYA ALAM)



DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 3

- ANDESMAN PUTRA
- AYU PUTRI LOLA
- FILDA ANGGRAINI
- LOLA LOVENDA

DOSEN PEMBIMBING:
DHARMA FERRY, M.Pd


FAKULTAS TARBIAH DAN ILMU KEGURUAN
PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI
1439 H/2018 M


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang maha kuasa karena dengan limpahan rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, Nabi yang membawa pelita kepada umat yang berada dalam kegelapan hingga ke terang benderang seperti saat ini.

Kemudian penulis banyak mengucapkan ribuan terimakasih kepada Dosen Pembimbing yang telah membimbing kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini, yang mungkin masih banyak terdapat kekurangan serta kesalahan baik dari segi penulisnya maupun kesalahan lainnya yang terdapat dalam makalah ini.

Untuk itu kami sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah yang akan datang, akhir kata penulis ucapkan ribuan terimakasih.

Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan

BAB II PEMBAHASAN

A. Klasifikasi Sumber Daya Alam
B. Pengelolaan Sumber Daya Alam
C. Pelestarian Sumber Daya Alam

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Sumber daya alam merupakan sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan memenuhi kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera. Sumber daya alam terdapat dimana saja seperti didalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dll. Dimana sumber daya alam ada yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui.

Indonesia merupakan negara dengan keragaman sumber daya alam yang melimpah dengan dilewati oleh garis khatulistiwa yang menjadikan wilayah indonesia memiliki iklim tropis, sehingga berdampak pada luasnya hutan hujan tropis yang tersebar di berbagai wilayah indonesia, selain itu negara indonesia memiliki banyak gunung api yang masih aktif berdampak pada kesuburan tanah, indonesia juga di himpit oleh dua samudera menambah keragamannya sumber hayati yang tersedia.

Melimpahnya sumber daya alam yang tersedia belum banyak dimanfaatkan secara menyeluruh oleh berbagai pihak. Dimana pembangunan semakin meningkat, dan diiringi dengan bertambahnya jumlah penduduk yang berdampak pada peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap sumber daya yang semakin meningkat.

A. RUMUSAN MASALAH
  1. Apa Saja Klasifikasi Sumber Daya Alam?
  2. Bagaimana Cara Pengelolaan Sumber Daya Alam?
  3. Bagaimana Manusia Melestarikan Sumber Daya Alam?
B. TUJUAN

Makalah ini berisi penjelasan tentang pengelolaan, pelastarian sumber daya alam yang ada di Indonesia, serta mengetahui klasifikasi sumber daya alam, yang di harapkan dapat membantu para pembaca dalam memahami materi sumber daya alam.


BAB II
PEMBAHASAN

Klasifikasi Sumber Daya Alam

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat Kelestariannya
  1. Sumber daya alam yang tak dapat habis
    • Sumber daya alam tak habis baik kuantitatif maupun kualitatif. Contoh: angin, pasang surut, gelombang laut.
    • Sumber daya alam tak habis secara kuantitatif tetapi menurun secara kualitatif. Contoh: air, udara, tanah, cahaya matahari. 
  2. Sumber daya alam yang dapat habis
    • Sumber daya alam dapat habis, tetapi dapat dilestarikan. Contoh: Sumber daya alam hewani misalnya; unggas, tenak, ikan. Sumber daya alam nabati misalnya; hutan, kebun, padi.
    • Sumber daya alam dapat habis, tetapi tidak dapat dilestarikan. Contoh: minyak bumi, gas alam, batu bara dan mineral.
Sumber Daya Alam Tak Habis Secara Kualitas Dan Kuantitas 
  1. Angin
    • Angin adalah udara yang bergerak.Udara bergerak dari yang bertekanan tinggi ke tekanan rendah. Tinggi rendahnya tekanan tergantung dari temperatur, sedangkan tinggi rendahnya temperatur tergantung kualitas sinar matahari yang menyinari.
    • Angin tak akan habis berhembus selama bumi kita bulat dan berputar rotasi maupun revolusi terhadap matahari, dan selama matahari tetap bersinar.
  2. Pasang Surut
    • Penyebab terjadinya pasang surut adalah adanya gaya tarik antara massa bumi dengan massa bulan dan matahari. Peristiwa tersebut disebut “efek tyndal”
    • Besarnya gaya tarik tersebut berbanding lurus dengan massanya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya F=M.M’/r2
Sumber Daya Alam Tak Dapat Habis Secara Kuantitatif Tetapi Kualitasnya Selalu Menurun
  1. Air
    • Jumlah air di dunia ini tetap. Tidak ada air menguap ke ruang angkasa sampai planet.
    • Air selalu berputar dalam satu “siklus air”.
    • Air secara kuantitatif tetap, namun air bersih di alam ini semakin menurun jumlahnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan polutan semakin besar.
  2. Udara
    • Udara dalam atmosfer bumi tidak ada yang pindah ke planet lain.
    • Butir-butir partikel di udara ditahan oleh gaya tarik bumi agar tetap tinggal disekitar bumi.
  3. Tanah
    • Tanah kuantitasnya tetap, tetapi kualitasnya dapat menurun, disebabkan oleh: Kekurangan zat-zat yang diperlukan dan Tercemari oleh buangan atau limbah.
  4. Cahaya Matahari
    • Secara astronomi, matahari akan padam, tetapi akan terjadi setelah milyaran tahun yang akan datang, sehingga cahaya matahari dapat dianggap konstan. Mengapa matahari dapat bertahan sampai milyaran tahun tidak padam? Sebab dilapisan fotosfer matahari selalu terjadi proses pembebasan energi melalui reaksi fusi antara atom-atom hidrogen sehingga membentuk helium.
Sumber Daya Alam Yang Dapat Habis
  1. Sumber daya alam yang dapat dipertahankan kelestariannya
    • Sumber daya alam nabati (hutan, kebun, ladang, sawah, dan berbagai jenis tumbuhan.) Sumber daya alam nabati mempunya sifat khusus yaitu sebagai makhluk hidup yang memiliki kemampuan mempertahankan diri dari pengaruh luar maupun dengan berkembang biak namun terbatas. Sifat ini diebut “homeostasis”
    • Sumber daya alam hewani, memiliki sifat seperti sumber daya alam nabati, karena sama-sama makhluk hidup memiliki naluri untuk mempertahankan hidupnya meskipun terbatatas. 
  2. Sumber daya alam yang tiak dapat dipertahankan kelestariannya
    • Sumber daya alam yang mutlak tak dapat dilestarikan. Contoh: minyak bumi, gas alam, batu bara.
    • Sumber daya alam yang dapat habis namun dapat dimanfaatkan ulang sebagian. Contoh: berbagai jenis mineral atau bijih/bahan galian. Misalnya besi, besi baja dibuat dari bijih besi. Besi baja dapat dibuat berbagai perkakas (mobil dll), kemudian mobil yang rusak dapat didaur ulang kembali.
Pengelolaan Sumber Daya Alam

Pengertian
  • Sumber daya alam adalah potensi alam yang dikembangkan untuk proses produksi.
  • Sumber daya alam dikelompokkan menjadi dua yaitu; Sumber daya alam non renewable dan renewable
    1. Sumber daya alam non renewable adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui artinya bila habis, maka tidak dapat dilakukan daur ulang sehingga menghasilkan sumber daya alam lagi. Contoh: mineral, bahan bakar(batu bara), daratan, lautan, dan matahari.
    2. Sumber daya alam renewable yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharuiartinya, bila sumber daya alam habis maka masih dapat dihasilkan kembali. Contoh: hutan, hewan, dan air Dasar Pengelolaan Sumber Daya Alam
      • Prinsip-prinsip ekologi
      • Inventarisasi sumber daya alam yang kontinu
      • Perkiraan terhadap kebutuhan pada masa-masa yang akan datang
3 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Perencanaan Pengelolaan Sumber Daya Alam
  1. Inventarisasi sumber daya alam; dalam hal ini memerlukan atau menghendaki:
    • Evaluasi secara kontinu status sumber daya alam
    • Alat dan teknologi untuk menggunakan dan memelihara sumber daya alam serta kebutuhan jangka pendek/jangka panjang.
  2. Perencanaan pengembangan, meliputi;
    • Program dasar untuk alokasi dan penggunaan sumber daya alam
    • Memelihara keseimbangan ekologi
    • Mengembangkan perumahan, industri dan pertanian untuk kebutuhan sekarang dan masa yang akan datang
  3. Jadwal pengembangan
Cara Pengelolaan Sumber Daya Alam
  • Pengelolaan Institusi
  • Pengelolaan lingkungan hidup
  • Pengelolaan mental manusia
  • Konservasi sumber daya alam
Pelestarian Sumber Daya Alam

A. Melestarikan sumber daya alam di lingkungan sekitar

Apa yang perlu kita lakukan untuk turut serta melestarikan sumber daya alam? Banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah dan di sekitarnya dalam upaya melestarikan sumber daya alam, yaitu diantaranya;
  1. Membiasakan diri untuk hemat energi, Kebiasaan hemat energi sangat mendukung upaya pelestarian lingkungan. Bayangkanlah jika kebiasaan tersebut dilakukan oleh semua orang, tentu akan sangat berarti. Beberapa kebiasaan di rumah yang berkaitan dengan hemat energi diantaranya adalah:
    1. Mematikan peralatan listrik jika tidak sedang digunakan. Mengapa kita harus hemat listrik? Listrik diperoleh dari berbagai sumber, diantaranya dari PLTA(Pembangkit Listrik Tenaga Air), PLTU(Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTN(Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir), PLTP(Pembangkit Tenaga Listrik Panas) dan dari batubara.Sebagian dari sumber listrik tersebut tidak dapat diperbaharui, artinya akan habis pada waktunya nanti. Jika kita melakukan penghematan, maka akan memperpanjang usia dari sumber-sumber energi penghasil listrik tersebut.
    2. Menggunakan peralatan listrik yang hemat energi. Peralatan listrik seperti lampu, pendingin/AC(Air Conditioning), kulkas dll. Diproduksi oleh pabrik yang berbeda. Sebaiknya kita membiasakan diri untuk memilih produk atau merk yang memiliki keunggulan hemat energi.
    3. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor sebaiknya digunakan pada saat berpergian ke tempat yang jauh. Jika tempat tujuan relatif dekat, maka sebaiknya berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Dengan demikian, kita mengurangi penggunaan BBM(Bahan Bakar Minyak) yang jumlahnya semakin terbatas.
  2. Menggunakan barang yang biasa diisi ulang, dipakai ulang, dan didaur ulang Selain bisa diisi ulang sesuai dengan peruntukkan semula, barang-barang yang dibeli juga sebaiknya yang ramah lingkungan.
  3. Mengurangi konsumsi barang-barang yang sulit hancur jika dibuang ke lingkungan Sebaiknya kita membiaskan diri dengan cara membawa kantong belanja, sehingga mengurangi penggunaan plastik pembungkus. Dengan cara demikian berarti produksi plastik bisa dikurangi dan lingkungan pun tidak tercemar oleh sampah plastik.
  4. Menghemat penggunaan air. Air merupakan sumber daya alam yang saat ini terbatas jumlahnya. Bahkan, banyak daerah yang penduduknya kesulitan memperoleh air bersih. Karena itu,dirumah sebaiknya biasakan untuk menghemat air.
  5. Tidak memelihara binatang yang dilindungi. Berkurangnya atau punahnya berbagai spesies binatang tetu saja mengancam keberadaan binatang pemangsa. Jika mereka berperan sebagai pemangsa, maka akan memperbanyak binatang yang dimangsanya, yang mengakibatkan terjadinya ledakan populasi binatang yang dimangsanya. Tidak jarang hal ini menimbulkan masalah bagi manusia, khususnya petani, karena menjadi hama bagi tanaman pertaniannya.
  6. Memanfaatkan lahan pekarangan dengan berbagai jenis tanaman. Tanaman di sekitar pekarangan memiliki fungsi untuk meningkatkan jumlah air hujan yang menyerap ke dalam tanah. Sebaliknya air hujan yag melimpas jadi berkuarang, sehingga tidak berpotensi menimbulkan banjir. Dengan demikian, tanaman di pekarangan memiliki fungsi melestarikan sumber daya air dan juga tanah.
B. Melestarikan Sumber Daya Alam Yang Lebih Luas
  1. Melakukan konservasi sumber daya alam. Konservasi bertujuan untuk melindungi habitat atau tempat hidup berbagai jenis makhluk hidup dari kerusakan, baik karena erosi, longsor, dan lain-lain. Selain itu konservasi juga bertujuan untuk melindungi tumbuhan dan hewan dari kepunahan. Untuk mencapai tujuan tersebut, sejumlah wilayah harus dikonservasi untuk melindungi habitat dan makhluk hidup dari kerusakan dan kepunahan.
  2. Mengembangkan dan menggunakan energi alternatif yang terbarukan. Pengembangan dan pemanfaatan alternatif telah dilakukan oleh pemerintah. Pengembangan bioenergi dari beberapa jenis tumbuhan, diantaranya biji tanaman jarak, juga telah dilakukan dan disosialisasikan. Namun demikian pemanfaatannya belum meluas mengingat kebiasaan masyarakat yang masih menggunakan BBM dari minyak bumi. Selain bioenergi, pemerintah juga memanfaatkan energi surya dengan menggunakan solar cell.
  3. Mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan. Pertanian yang ramah lingkungan dapat dilihat dari; Penggunaan pupuk organik dan Melakukan berbagai jenis dan teknik konservasi tanah dan air

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari makalah yang telah di buat ini maka dapat kita simpulkan bahwa : 
  1. Sumber daya alam merupakan hal yang tercipta secara alami di bumi.
  2. Sumber daya alam merupakan asset yang berharga bagi kehidupan manusia. 
  3. Jika tidak di lestarikan dan di gunakan dengan baik maka persediaan dan keanekaragaman sumber daya alam akan habis seperti punah nya spesies, tumbuhan dan hewan. menipisnya persediaan minyak bumi, krisis kekeringan air, tandusnya tanah dan lahan pertanian dll.
B. Saran

Sumber daya alam merupakan suatu kebutuhan bagi setiap makhluk hidup, tanpa sumber daya alam manusia maupun makhluk hidup lainnya akan sulit untuk bertahan hidup, oleh karena itu kita sebagai manusia makhluk yang diberi akal pikiran sewajibnya melestarikan dan menjaga sumber daya alam, menggunakan dengan secukupnya serta memperbarui sumber daya alam yang dapat di perbarui sehingga dapat terus kita nikmati hingga generasi mendatang.


DAFTAR PUSTAKA
  • PDF: Klasifikasi Sumber Daya Alam (suyoso@uny.ac.id)
  • PDF: Pengelolaan Sumber Daya Alam (suyoso@uny.ac.id)
  • PDF: Pelestarian Sumber Daya Alam (anikwidiastuti@uny.ac.id)

Comments

Popular posts from this blog

Titik perbedaan Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf

Pengertian Ilmu Kalam, Filsafat, dan Tasawuf Ilmu kalam Secara harfiyah, ‘kalam berarti pembicaraan atau perkataan. Dari segi etimologis, perkataan ilmu kalam terdiri atas dua kata, yaitu ‘ilmu’ dan ‘kalam’. Ilmu yang berati pengetahuan, sedangkan kalam yang berarti perkataan, percakapan, dan firman. Ilmu kalam ini digunakan sebagai istilah ilmu yang membahas atau membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan aqidah islam, yaitu tentang wujud tuhan dan sifat-sifat yang memungkinkan ada pada-Nya, membicarakan para Rasul Tuhan untuk menetapkan kerasulannya dan mengetahui sifat-sifat yang tidak mungki ada padanya. Ilmu kalam merupakan disiplin ilmu keislaman yang banyak mengedepankan pembicaraan tentang persoalan-persoalan kalam Tuhan. Persoalan-persoalan kalam tersebut biasanya mengarah sampai perbincangan yang mendalam dengan dasar-dasar dan argumentasi, baik argumentasi rasional(aqliyah) maupun naqliyah. Filsafat Kata filsafat berasal dari kata philo yang berarti ci

Perbedaan Sistem Pendidikan Islam Dengan Sistem Pendidikan Non Islam

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Pendidikan merupakan dasar manusia untuk memulai hidup, sehingga menjadi komitmen bersama bahwa pendidikan sangat mempunyai peran yang luhur dan agung. Sifat yang agung ini ditunjukkan dari peran pendidikan yang dipahamai sebagai pemberian bekal peserta didik untuk menghadapi masa depannya. Dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya salah satu lirik lagunya menekankan “bangunlah jiwanya, bangunlah raganya” ini terbukti secara konsuntif pendidikan sangan dibutuhkan. Pendidikan merupakan proses untuk mendewasakan manusia atau kata lain pendidikan merupakan untuk “memanusiakan manusia” Melalui pendidikan manusia dapat tumbuh dan berkembang secara normal dan sempurna sehingga dapat melaksanakan tugasnya sebagai manusia. Pendidikan dapat mengubah manusia dari tidak tahu menjadi tahu, dari perilaku buruk menjadi tabiat yang baik, pendidikan mengubah semuanya. Begitu penting Pendidikan dalam Islam, sehingga menjadi kewajiban perorangan. Pendidik

Titik persamaan Ilmu Kalam,Filsafat dan Tasawuf

Pengertian Ilmu Kalam, Filsafat, dan Tasawuf Ilmu kalam Secara harfiyah, ‘kalam berarti pembicaraan atau perkataan. Dari segi etimologis, perkataan ilmu kalam terdiri atas dua kata, yaitu ‘ilmu’ dan ‘kalam’. Ilmu yang berati pengetahuan, sedangkan kalam yang berarti perkataan, percakapan, dan firman. Ilmu kalam ini digunakan sebagai istilah ilmu yang membahas atau membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan aqidah islam, yaitu tentang wujud tuhan dan sifat-sifat yang memungkinkan ada pada-Nya, membicarakan para Rasul Tuhan untuk menetapkan kerasulannya dan mengetahui sifat-sifat yang tidak mungki ada padanya. Ilmu kalam merupakan disiplin ilmu keislaman yang banyak mengedepankan pembicaraan tentang persoalan-persoalan kalam Tuhan. Persoalan-persoalan kalam tersebut biasanya mengarah sampai perbincangan yang mendalam dengan dasar-dasar dan argumentasi, baik argumentasi rasional(aqliyah) maupun naqliyah. Filsafat Kata filsafat berasal dari kata philo yang berarti ci

RUANG LINGKUP ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN

MAKALAH ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN Di Buat Untuk Memenuhi Tugas Dalam Mata Kuliah : ANALISIS KEBIJAKAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER Disusun oleh: FEBRI HUSANDRA NIM: 211 017 014 AHMADI NIM: 211 017 014 Dosen pembimbing: Dr. HASRINAL, M.Pd NIP. 19680527 199803 1 001 MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAM ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI TAHUN AKADEMIK 2018/2019 KATA PENGANTAR Pujisyukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua termasuk penulis. Sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang diberikan, dalam hal ini penulis menyusun makalah yang berjudul ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN. Shalawat dan salam tak lupa penulis sampaikan kepada kekasih Allah serta suri tauladan bagi umat islam yaitu Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita semua dari zaman jahiliah ataupun zaman kebodohan ke zaman islamiah yang penuh d

Doktrin Doktrin Aliran Jabariyah

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG MASALAH Sejak awal permasalahan teologis dikalangan umat Islam telah terjadi perbedaaan dalam bentuk praktis maupun teoritis. Perbedaan tersebut tampak melalui perdebatan dalam masalah kalam yang ahirnya menimbulkan berbagai aliran-aliran dalam Islam. Dalam perdebatan tentang teologi ini, yang diperdebatkan bukanlah akidah-akidah pokok seperti iman kepada Allah, kepada malaikat dan lain sebagainya, melainkan perdebatan masalah akidah cabang yang membahas bagaimana sifat Allah, Al-Qur’an itu baru ataukah qodim, malaikat itu termasuk golongan jin atau bukan, dan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Pebedaan tersebut ahirnya menimbulkan berbagai macam aliran diantaranya seperti Khawarij, Syiah, Murji’ah, Mu’tazilah, Jabariyah dan Qodariyah, Asy’ariyah dan Maturidiyah. Dalam bab ini kita akan membahas sedikit banyak tentang aliran Qodariyah dan Jabariyah yang juga timbul akibat dari adanya permasalahan-permasalahan kalam. B. RUMUSAN MA
//ofgogoatan.com/afu.php?zoneid=3310914